Sebagai unit kerja pelaksana teknis dan Pembantu Pimpinan Daerah di Bidang Pertanian dan Perikanan,maka Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong dalam melaksanakantugas dan fungsinya berorientasi pada upaya menjabarkan kebijaksanaan pimpinandaerah dalam hal ini Bupati Rejang Lebong.

Keberadaan Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong disyahkan berdasarkan Peraturan Kementerian Pertanian Nomor 43 tahun 2016 tetang Pedoman Nomenklatur, Tugas dan Fungsi Dinas Urusan Pangan dan Dinas Urusan Pertanian Daerah Propinsi dan Kabupaten/Kota Selanjutnya Keputusan Bupati Rejang Lebong Nomor 52 Tahun 2016 tanggal 27 Desember 2016, tentang kedudukan, susunan Organisasi, tugas dan fungsi serta tata kerja Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong

Untuk menjalankan tugas pokok tersebut, maka Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong mempunyai fungsi :

  1. Perumusan kebijakan teknis bidang Pertanian tanaman pangan dan holtikultura, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan.
  2. Penyelenggaraan urusan pemerintah dan pelayanan umum bidang Pertanian tanaman pangan dan holtikultura, Perkebunan, Penyuluhan, Peternakan dan Perikanan;
  3. Pembinaan dan fasilitasi bidang Pertanian, Perkebunan, Penyuluhan, Peternakan dan Perikanan, kabupaten Rejang Lebong
  4. Pelaksanaan tugas di bidang sarana prasarana Pertanian tanaman pangan dan holtikultura, Perkebunan, Penyuluhan, Peternakan dan Perikanan; dan usaha Pertanian;
  5. Pemantauan, evaluasi dan pelaporan bidang Pertanian, Perkebunan, Penyuluhan, Peternakan dan Perikanan.
  6. Mengkoordinasikan pengendalian, pengawasan dan evaluasi pelaksanaan tugas dibidang Pertanian dan Perikanan dan ketahanan pangan.
  7. Melakukan pembinaan operasional sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Bupati.
  8. Mengkoordinasikan pengendalian, pengawasan dan evaluasi pelaksanaan tugas bidang ketatausahaan serta pembinaan kepegawaian di lingkungan Dinas Pertanian dan Perikanan.

Dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong dibagi dalam struktur organisasi yang terdiri dari Sekretariat membawahi 3 Sub Bagian, 6 (enam) Bidang yang masing-masing membawahi 3 (tiga) Seksi, dan 24 (Dua Puluh Empat) Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD).

Nomenklatur serta tugas pokok masing-masing unit kerja pada Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong adalah sebagai  berikut :

  1. Sekretariat, dipimpin oleh seorang Sekretaris dan membawahi 3 (tiga) Sub Bagian yang masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian.  Ketiga Sub Bagian dimaksud adalah :
  2. Sub Bagian Perencanaan dan Evaluasi
  3. Sub Bagian Keuangan dan Aset

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Tugas Pokok Sekretariat adalah :

  1. Merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan pengelolaan administrasi umum, administrasi keuangan dan perbendaharaan, pendataan perlengkapan dan kerumah tanggaan;
  2. Merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan pengelolaan administrasi kepegawaian, pendidikan dan latihan;
  3. Merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan rencana anggaran belanja dan pendapatan dinas;
  4. Merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan pembinaan pegawai, organisasi dan ketata usahaan.
  5. Mengkoordinir penyusunan rencana program kerja kegiatan teknis dinas secara luas dan menyeluruh;
  6. Melakukan pengendalian pelaksanaan kegiatan teknis dinas melalui koordinasi dengan bidang lain.
  • Bidang Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura dipimpin oleh seorang Kepala Bidang dan membawahi 3 (tiga) Seksi yang masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Seksi. ketiga seksi dimaksud adalah :
  • Seksi Pembenihan dan Perlindungan
  • Seksi Produksi
  • Seksi Pengelohan dan Pemasaran

      Tugas Pokok Bidang Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura adalah :

  1. Menyusun rencana program dan strategi penggunaan dan hortikultura serta merumuskan dan merencanakan kebijakan teknis sarana dan prasarana produksi Pertanian:
  2. Melakukan pembinaan usaha peningkatan produksi tanaman pangan dan hortikultura, penyiapan bahan tanaman bermutu, perbenihan, pemupukan dan penggunaan obat-obatan Pertanian serta teknologi alat Pertanian dan mesin Pertanian;
  3. Melakukan pengembangan usaha produksi tanaman pangan dan hortikultura melalui peningkatan mutu intensifikasi, diversifikasi tanaman dan intensitas pertanaman;
  4. Melakukan penyusunan rencana, pengembangan sarana dan prasarana produksi Pertanian , serta pembinaan terhadap Balai Benih Padi, Palawija dan Hortikultura
  5. Melakukan pengendalian pelaksanaan kegiatan produksi tanaman pangan dan hortikultura serta sarana dan prasarana produksi Pertanian secara luas melalui koordinasi dengan bidang lainnya.
  6. Melakukan pembinaan pada Sub Terminal Agribisnis (STA) di Simpang Nangka.
  7. Melakukan Usaha Peningkatan dan Penguatan ekonomi Pedesaan dengan mendukung kegiatan PUAP (Program Usaha Agribisnis Pedesaan).
3. Bidang Prasarana dan Sarana dipimpin oleh seorang Kepala Bidang dan membawahi 3 (Tiga) Seksi yang masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Seksi.  Ketiga Seksi dimaksud adalah : Seksi Lahan dan IrigasiSeksi Pupuk Pestisida dan AlsintanSeksi Pembiayaan dan Investasi Tugas Pokok Bidang Prasarana dan Sarana adalah : Melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana dan anggaran seksi lahan dan irigasi.Melakukan penyiapan bahan penyediaan lahan, Jalan Usaha Tani dan Jaringan Irigasi Tersier.Melakukan Penyusunan Peta Pengembangaan, Rehabilitasi, Konservasi , Optimalisasi dan Pengendalian Lahan PertanianMelakukan Penyusunan Laporan dan Pendokumentasian Kegiatan Seksi Lahan dan Irigasi.Melakukan penyiapan bahan penyusunan rencana dan anggaran seksi pupuk, pestisida , alat dan mesin.Melakukan Penyusunan Laporan dan Pendokumentasian kegiatan seksi pupuk, pestisida dan alsintan.Melakukan Penyiapan bahan penyusunan rencana dan anggaran seksi pembiayaan dan investasi.melakukan bimbingan, fasilitasi dan pelayanan investasi.  
  • Bidang Perikanan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang dan membawahi 3 (tiga) Seksi yang masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Seksi.  Ketiga Seksi dimaksud adalah :
  1. Seksi Kesehatan Ikan dan Lingkungan
  2. Seksi Budidaya dan Produksi Ikan
  3. Seksi Bina Usaha dan Kelembagaan Perikanan

Tugas Pokok Bidang Perikanan :

  1. Melakukan penyiapan koordinasi, pengkajian, penyusunan dan pelaksanaan kebijakan, pemantapan serta pemberian pendampingan, pemantauan dan evaluasi di bidang kesehatan ikan dan produksi ikan.
    1. Melakukan penyiapan koordinasi, pengkajian, penyusunan dan pelaksanaan kebijakan, pemantapan serta pemberian pendampingan, pemantauan dan evaluasi di bidang budidaya dan produksi ikan.
    1. Melakukan penyiapan koordinasi, pengkajian, penyusunan dan pelaksanaan kebijakan, pemantapan serta pemberian pendampingan, pemantauan dan evaluasi di bidang bina usaha dan produksi ikan.
  • Bidang Perkebunan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang dan membawahi 3 (tiga) Seksi yang masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Seksi.  Ketiga Seksi dimaksud adalah :
  1. Seksi Pembenihan dan Perlindungan
  2. Seksi Produksi
  3. Seksi Pengolahan dan Pemasaran

Tugas Pokok Bidang Perkebunan adalah :Melaksanakan urusanpemerintah daerah berdasarkan azas otonomi dan tugas pembantuan di Bidang Perkebunanserta dapat melaksanakan wewenang yang dilimpahkan oleh pemerintah kepadadaerah dalam rangka desentralisasi. Dalam melaksanakantugas sebagaimana dimaksud pada Poin 1 (satu) BidangPerkebunan menyelenggarakan Fungsi :

Perumusan kebijakanteknis Bidang Perkebunan lingkup pengembangan Perkebunan, saranadan prasarana, peningkatan produksi Perkebunan, serta pengolahan dan pemasaranhasil Perkebunan.

Penyelenggaraan Urusan Pemerintahaan dan Pelayanan Umum Bidang PerkebunanLingkup Perkembangaan Perkebunan Sarana dan Prasarana, Peningkatan Produksi Perkebunanserta Pengelolaan dan hasil Perkebunan.

Pembinaan danPelaksanaan tugas bidang Perkebunan lingkup pengembangan Perkebunan, sarana danprasarana, peningkatan produksi Perkebunan serta pengelolaanhasil Perkebunan.

Pelaksanaan tugaslainnya yang diberikan oleh Kepala Dinas sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Kepala Bidang Perkebunan membawahi 3 (tiga) Seksi yang masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Seksi.Ketiga Seksi dimaksud adalah

  1. Seksi Perbenihan dan Perlindungan
  2. Seksi Produksi
  3. Seksi Pengolahan dan Pemasaran

Mempunyai tugas pokok membantu melaksanakan sebagian tugas Kepala Dinas. Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud pada ayat 1 (satu), Kepala Bidang Perkebunan mempunyai fungsi :

  • Penyusunan rencanaProgram dan Kegiatan pada bidang Pengembangan Lingkup Pengembangan Usaha Perkebunan,Pengkajian dan penerapan teknologi Perkebunan, peenyelenggaraan program kegiatan pada bidang pengembangan Perkebunanlingkup pengembangan usaha Perkebunan, pengkajian dan penerapan teknologi Perkebunan,penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis lingkup pengembangan Perkebunan,pembinaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan pada bidang Perkebunan,pelaksanaan tugas lain.
    • Bidang Penyuluhan dipimpin oleh seorang Kepala Bidang dan membawahi 3 (tiga) Seksi yangmasing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Seksi. Ketiga Seksi dimaksud adalah:
    • Seksi Kelembagaan
    • Seksi Ketenagaan
    • Seksi PelayanaanPenyuluhan

Tugas Pokok Bidang Penyuluhan adalah :

1.  Melakukan penyuluhan, penyelenggaraan dan pengembangan penyuluhan Pertanian,Peternakan,Perikanan, Perkebunan serta kelembagaan petani.

Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan, pelaksanaan dan pemberian bimbingan teknis serta pemantauan dan evaluasi dibidang kelembagaan.

Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan, pelaksanaan dan pemberi bimbingan teknis serta pemantauan dan evaluasi dibidang ketenagaan penyuluhan Pertanian, Perikanan, Peternakan dan Perkebunan.

Menyiapkan bahan penyusunan kebijakan, pelaksanaan dan pemberian bimbingan teknis serta pemantauan dan evaluasi dibidang penyuluh Pertanian, Perikanan, Peternakan dan Perkebunan.

Unit Pelaksana Teknis (UPT)

UPT Dinas adalah Unsur penunjang pelaksanaan teknis Dinas yang dipimpin oleh seorang Kepala Unit yang berada dibawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Dinas, mempunyai tugas melakukan sebagian tugas dinas yang mempunyai wilayah kerja satu atau beberapa wilayah kecamatan.

Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang dimiliki oleh Dinas Pertanian dan Perikanan adalah :

  1. UPT PerkebunanBermani Ulu
  2. UPT PerkebunanSindang Kelingi
  3. UPT Perkebunan Curup
  4. UPT Perkebunan PU

Unit Pelaksana TeknisDinas (UPTD)

Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) yang dimiliki oleh Dinas Pertanian dan Perikananadalah :

  1. Balai Benih Padi dan Palawija;
  2. Balai Benih Hortikultura dan Kebun Buah;
  3. Balai Benih Kentang;
  4. Balai Benih Padi;
  5. Balai Benih Ikan (BBI) Blumai
  6. Balai Benih Ikan (BBI) Babakan Baru
  7. Balai Benih Ikan (BBI) Dusun Baru
  8. Balai Benih Ikan (BBI) Rimbo Recap
  9. Rumah Potong Hewan dan Pasar Hewan
  10. Puskeswan Curup
  11. Puskeswan Mojorejo
  12. BPP Pal VIII
  13. BPP Lubuk Ubar
  14. BPP Kesambe Lama
  15. BPP Air Duku
  16. BPP Mojorejo
  17. BPP Bengko
  18. BPP Tanjung Agung
  19. BPP PU. Tanding
  20. BPP Durian Mas
  21. BPP Air Pikat

Sesuai dengan Surat Keputusan BupatiRejang Lebong Nomor 52 Tahun 2016 tanggal 27 Desember 2016,UPTD mempunyai tugas melaksanakan, mengkoordinir kegiatan dan Program KerjaDinas Pertanian dan Perikanan pada Tingkat Kecamatan sesuai dengan spesifikasijenis kegiatan UPTD.

Untuk melaksanakan tugas dimaksud, maka masing-masing UPTD mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Melakukan perbanyakanbenih dan bibit tanaman yang berkualitas.
  2. Melakukan kegiatanteknologi pembenihan/ pembibitan.
  3. Melakukan upayapenyediaan kebutuhan sarana dan prasarana perlindungan tanaman.
  4. Memonitor, melakukanpenyuluhan dan pengawasan kualitas benih/ bibit yang dihasilkan baikdari Balai Benih maupun Penangkar Benih.
  5. Melakukan penerapanteknologi benih dan membuat kebun percontohan bagi petani.
  6. Menghasilkan benihberkualitas untuk dimanfaatkan petani dengan harga terjangkau dan mempunyainilai kompetitif;

Kelompok Jabatan Fungsional (KJF)

Kelompok Jabatan Fungsional mempunyai tugas sesuaidengan jabatan fungsional masing-masing berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *