Dinas Pertanian dan Perikanan memiliki peranan yang cukup penting dan strategis dalam pembangunan nasional dan regional meliputi : peningkatan ketahanan pangan, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), kesempatan kerja, sumber pendapatan, serta perekonomian regional dan nasional. Dinas Pertanian dan Perikanan menjadi penggerak pertumbuhan industri hulu dan pendorong pertumbuhan industri hilir yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional.

Pembangunan Pertanian dan Perikanan lima tahun ke depan dihadapkan pada perubahan lingkungan strategis yang mengacu pada program kerja pembangunan Pertanian dan Perikanan melalui upaya peningkatan ketahanan pangan dan peningkatan kesejahteraan petani. Bertitik tolak pada sasaran yang akan dicapai berupa terwujudnya ketahanan pangan, maka kegiatan yang disusun melihat peluang, potensi, dan permasalahan ketahanan pangan, kesejahteraan pelaku usahanya di tingkat mikro dan makro.

Arah pembangunan Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang Lebong kedepan dihadapkan kepada upaya-upaya peningkatan konstribusi produksi Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan dalam percepatan pemulihan ekonomi masyarakat, seperti peningkatan pendapatan, penurunan angka kemiskinan dan pengangguran melalui perluasan kesempatan kerja serta peningkatan peranannya dalam memperbaiki indikator makro ekonomi. Sektor Pertanian dan Perikanan memiliki peranan penting dalam mendukung gerak maju perekonomian nasional, karenanya diperlukan strategi yang tepat dalam pelaksanaannya program pembangunan Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Perikanan sehingga dapat mencapai sasaran yang diinginkan.
Sektor Pertanian dan Perikanan merupakan pemasok utama dalam pemenuhan kebutuhan pangan nasional yang terus meningkat seiring dengan lajunya pertumbuhan penduduk.
Atas dasar kenyataan diatas sudah selayaknya Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong menempatkan sektor Pertanian dan Perikanan menjadi prioritas utama dalam pembangunan yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah tahun 2016-2021, dan selanjutnya dijabarkan lebih teknis ke dalam Rencana Strategis (Renstra) Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Rejang LebongĀ  2017-2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *